Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Buah Tomat

Tomat, adalah tanaman yang paling mudah dijumpai apalagi di Indonesia yang sejak lama sekali telah lama dibudidayakan. Satu hal yang kurang disukai dari tomat adalah ketahanannya yang lemah, sehingga mudah busuk.

Agar tahan lama, tomat harus dibekukan dengan beberapa langkah yang diawali dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasan, dan diakhiri dengan pembekuan dalam lemari es.

Menurut sejarah tomat peratama kali ditemukan Amerika Selatan, lebih tepatnya di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di Prancis, tomat dinamakan ‘Apel Cinta’ atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkanjumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.
Pada umunya tomat memiliki pengelompokan berdasarkan ukurannya yaitu tomat jenis granola yang memiliki bentuk bulat dikenal pula dengan jenis tomat buah sedangkan gondol adalah salah satu jenis tomat yang sering dijadikan bahan pembuatan saus, tomat yang sering dijadikan olahan masakan dikenal dengan tomat sayur atau tomat ceri yang memiliki ukuran lebih kecil dan berantai.

Untuk mengkonsumsi buah satu ini banyak dilakukan dengan berbagai cara seperti dijadikan jus tomat, dimasukan dalam sup, sayur dan di buat sambal tomat. Tidak hanya enak di makan tomat sangat baik bagi kesehatan.  Yang menyebabkan buah yang berwana merah dengan rasa asam ini sangat bermanfaat karena buah tomat mengandung banyak zat gizi yang di perlukan bagi tubuh seperti alkaloid solanin, saponin,  asam folat, vitamin B dan banyak lagi kandungan zat lainnya. (http://khasiatobatt.blogspot.co.id)


Baca juga: Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan