Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat madu yang dikenal sejak jaman cleopatra

Khasiat madu yang melimpah telah dikenal lama. Dalam tulisan ini kita akan melihat satu persatu manfaat madu yang sudah dikenal oleh manusia bahkan sejak peradaban mesir beratus-ratus abad yang lalu.

Dari janin hingga orangtua dapat merasakan manfaat madu

Manfaat madu yang begitu besar hingga manfaatnya pun dapat digunakan oleh manusia semenjak ia masih janin hingga memasuki usia lanjut. Madu yang tidak memiliki masa kadaluarsa ini mempunyai khasiat dapat memperkuat janin ketika masih di dalam kandungan. Ketika sang ibu mengkonsumsi madu secara rutin, kebutuhan janin akan vitamin dan berbagai macam mineral akan terpenuhi secara cukup. Stamina sang ibu dan janin pun akan tetap terjaga berkat manfaat dari madu.
Pada bayi dan anak-anak, madu member manfaat untuk perkembangan otak mereka, itulah mengapa kita sering mendapati susu formula sering menambahkan ekstrak madu dalam produknya. Alangkah baiknya jika kita langsung memberi mereka madu setiap hari, selain untuk mendukung perkembangan otak mereka, juga untuk merangsang nafsu makan anak. Madu mempunyai unsure vitamin B yang sangat kompleks sehingga baik untuk anak-anak di masa pertumbuhan.
Pada orang dewasa, khasiat madu dapat memulihkan stamina mereka. Stress selalu dialami oleh mereka yang muda dan bekerja keras, stress sendiri dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit berkembang di dalam tubuh. Ketika kita rajin mengkonsumsi madu, maka zat-zat yang terkandung dalam madu akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dari dalam. Begitu juga dengan orang yang telah lanjut usia, madu berkhasiat membantu mereka untuk tetap fit dan bugar.

Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu merupakan minuman yang kaya manfaat dan tidak dapat diproduksi manusia, karena hanya lebah yang mampu mengubah nectar bunga yang diambil menjadi madu di dalam sarangnya. Itulah mengapa sekarang banyak orang yang membuka peternakan lebah untuk memproduksi madu. Rasa madu yang manis ternyata berkhasiat jauh lebih baik daripada antibiotic manapun. Madu bermanfaat membunuh bakteri yang jahat yang berkembang di dalam tubuh kita, maka dari itu madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari agar Anda dapat memperolah khasiat madu ini.
Pada jaman dahulu bangsa Mesir pun menggunakan madu dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Dalam bidang kesehatan mereka selalu menggunakan madu sebagai obat ataupun untuk obat oles kulit yang melepuh, terbakar ataupun iritasi. Karena sifat madu yang memperbarui sel dan memakan bakteri, maka tidak heran dikatakan bahwa madu berkhasiat mempercepat pemulihan luka.
Ratu Cleopatra pun menggunakan madu untuk mempertahankan kecantikannya. Selain mengkonsumsi madu setiap hari, untuk mempercantik diri dari luar. Sang ratu pun rajin menggunakan madu sebagai masker kulit bahkan ia seringkali mandi menggunakan campuran susu dan madu untuk membuat kulitnya terlihat bersih dan halus. Di era sekarang kita tidak harus menggunakan madu mentah untuk tampil cantik, sekarang cukup banyak kosmetik yang menambahkan ekstrak madu di dalam komposisinya. Selain itu banyak paket salon yang menawarkan spa dengan madu ataupun mengoleskan madu di muka sehabis facial untuk mengurangi iritasi pada kulit muka. Manfaat madu untuk kecantikan telah dikenal sejak jaman dahulu.
Khasiat madu yang lain adalah madu sebagai pengawet alami. Madu sejak jaman dahulu telah dikenal sebagai pengawet alami, manusia telah mencampurkan madu ke dalam campuran makanan mereka untuk membuat makanan tersebut tidak cepat basi. Hal ini seharusnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita sekarang, bukannya justru menggunakan pengawet kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Madu merupakan pengawet alami yang tidak mempunyai waktu kadaluarsa.