Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat sirsak

Buah sirsak atau yang juga disebut nangka Belanda ini pada awalnya berasal dari daerah Karibia, Amerika tengah dan Amerika Selatan tetapi saat ini telah menyebar luas ke bebagai wilayah di Asia termasuk Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Annona Muricata ini pertama di datangkan ke Indonesia oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda meskipun sebenarnya buah ini bukan berasal dari Belanda ataupun Eropa. Penyebutan nama sirsak sendiri sebenarnya berasal dari kata “zuurzak” yang berarti kantong asam dalam bahasa Belanda. Pohon buah sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, tetapi paling baik jika ditanam di daerah berair.
Sirsak atau yang biasa disebut dengan “nongko sebrang” dalam bahasa jawa ini ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan. Buah sirsak sendiri selama ini telah digunakan sebagai bahan pembuatan aneka macam minuman serta makanan seperti jenang, dodol dan aneka ragam makanan lainya.

Manfaat Buah Sirsak Dalam Bidang Kesehatan

Buah sirsak memiliki beraneka ragam manfaat bagi kesehatan khususnya dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan antara lain adalah dapat mengobati berbagai macam jenis kanker. Menurut beberapa studi yang mempelajari tentang tanaman sirsak ini, terbukti bahwa seluruh bagian buah, kulit, biji, daun, bunga dan akar dapat digunakan sebagai ramuan manjur untuk menangkal berbagai macam penyakit kanker.
Selain ampuh untuk menangkal serangan penyakit kanker, ternyata buah sirsak juga sangat baik sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan aneka ragam penyakit. Buah sirsak berfungsi untuk meingkatkan kadar antioksidan dalam tubuh kita sehingga memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas. Jika anda menderita sembelit, tentu anda akan merasakan betapa menderitanya memiliki penyakit ini. Selain itu buah sirsak merupakan salah satu buah yang mampu mengurangi raa sakit serta nyeri akibat sembelit.
Untuk urusan perawatan kulit, anda bisa mencoba ampuhnya ramuan daun sirsak yang ditumbuk dengan air mawar dan digunakan sebagai masker akan senantiasa memelihara kecantikan kulit anda serta membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo.