Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjaga Kesehatan Wanita


Kesehatan wanita tentu menjadi salah satu hal yang saat ini menjadi salah satu hal yang diutamakan terutama oleh para wanita itu sendiri. Kesehatan tersebut tentu dalam arti yang sangat luas. Baik kesehatan secara fisik maupun kesehatan jiwa juga sama – sama menjadi perhatian karena bagaimanapun kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Banyak hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita, terutama untuk sosok perempuan tentu memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan kesehatan pria. Untuk wanita kita tahu secara fisik memiliki perbedaan bahkan dari segi dasar hormonal sendiri, seorang wanita memiliki dominan hormon estrogen di mana memiliki pengaruh tersendiri terhadap kesehatannya jika dibandingkan dengan para pria. Estrogen itu sendiri bisa menjadi faktor pelindung bisa juga menjadi faktor risiko. Sedangkan mengenai kesehatan jiwa, kita ketahui jika wanita memang secara umum memiliki pribadi yang lebih rapuh sehingga hal tersebut sedikit banyak berpengaruh pula ke kesehatan tubuhnya.

Penyakit–Penyakit Yang Seringkali Menyerang Para Wanita

Ancaman mengenai kesehatan wanita memang lebih kompleks. Untuk itulah kita sebagai wanita harus megetahui pula apa saja masalah tersebut sehingga bisa mencari tahu bagaimana cara penanganan maupun pencegahannya. Penyakit hati merupakan salah satu penyakit yang bertanggungjawab terhadap sekitar 20 persen kematian pada wanita. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh faktor obesitas, stres, diabetes, atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini tidak hanya dapat mempengaruhi hati kita namun dapat pula berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh terutama jantung.
Penyakit lain yang sudah sangat dikenal masyarakat identik dengan kesehatan wanita adalah penyakit kanker payudara. Kanker payudara merupakan maaslah serius yang dihadapi para wanita. Penyakit ini memiliki risiko lebih tinggi terhadap mereka yang menunda pernikahan, menunda memiliki anak, atau bahkan tidak berkeinginan memiliki anak. Berbeda dengan kanker payudara, kanker serviks memilliki risiko kebalikannya. Mereka yang memiliki aktivitas seksual lebih atau memiliki anak dengan jumlah banyak sehingga fungsi serviks atau rahim sering kali digunakan memiliki risiko lebih terhadap terjadinya kanker ini. Namun, kita sebagai wanita tentu tidak ingin menghindari apa yang menjadi kodrat kita yakni mengandung dan melahirkan, sehingga mengenai risiko – risiko tersebut ada baiknya jika kita menanggulanginya sejak awal dengan pasangan kita dengan cara berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.

Makanan yang Baik untuk Wanita

Sebagai wanita, kita perlu dan harus untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu caranya adalah dengan pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan salah satu pola hidup sehat. Contoh makanan atau sayur atau buah yang disarankan adalah tomat. Tomat kaya akan likopen sehingga dapat memainkan peran yang sangat penting terhadap pencegahan penyakit kanker payudara maupun leher rahim. Selain tomat satu lagi sayur yang mudah kita dapat dan bermanfaat sekali untuk kesehatan adalah kubis. Sayur ini sangat cocok untuk diet kita karena kaya akan vitamin K dimana bermanfaat untuk kesehatan wanita terutama mengurangi risiko terhadap angka kejadian patah tulang pinggul.