Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Hindari Mata Rusak akibat Lama Melihat Layar HP atau Komputer

Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan dari setiap orang. Karena mata sendiri merupakan salah satu panca indera yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Oleh sebab itu banyak orang yang berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga matanya agar tetap sehat.

Salah satu hal yang menyebabkan mata kita menjadi rusak adalah karena pola hidup yang kurang sehat. Selain kurangnya asupan vitamin A, terlalu lama melihat layar komputer dan HP dalam posisi yang kurang tepat juga bisa menyebabkan mata kita menjadi rusak. Padahal saat ini bisa dibilang hampir semua orang sudah tidak bisa lepas dari gadget mereka. Efeknya memang tidak bisa kita rasakan seketika.
Namun dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan fatal pada mata kita. Ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk menjaga mata agar tetap sehat walaupun berlama-lama memandang layar HP atau layar komputer. Beberapa diantaranya sebenarnya sangat simpel, namun kadang tidak pernah terfikirkan.

1. Hindari Menggunakan Komputer / HP Saat Malam Hari
Banyak orang yang belum sadar bahwa menggunakan komputer / HP pada malam hari dapat menyebabkan mata kita rawan rusak dibanding dengan menggunakan komputer / HP pada siang hari. Hal tersebut disebabkan karena cahaya ruangan pada siang hari lebih memadai dibanding dengan cahaya ruangan pada malam hari.

2. Atur Kecerahaan Layar Komputer / HP Sebaik Mungkin

Selain itu untuk menghindari efek negatif dari radiasi layar komputer / HP, sebaiknya anda mengatur tingkat kecerahaan layar sebaik mungkin. Jangan gunakan kecerhaan terlalu tinggi, ataupun terlalu rendah karena dapat merusak mata. Atur kecerahan sampai anda merasa nyaman saat menatap layar.

3. Perhatikan Posisi Duduk Saat Menatap Layar
Anda juga harus memperhatikan posisi duduk anda saat menatap layar komputer / HP. Hindari duduk terlalu dekat dengan layar komputer / HP karena akan lebih mudah merusak mata. Selain itu jangan sekali-kali menatap layar HP / komputer dalam kondisi sembari tiduran karena berbahaya bagi kesehatan mata. Apalagi di tempat yang pencahayaannya kurang bagus.

4. Gunakan Kacamana Khusus Anti Radiasi
Untuk menjaga mata anda benar-benar aman dari efek radiasi layar komputer / HP, tidak ada salahnya anda menggunakan kacamata khusus yang dapat menangkal radiasi cahaya yang dihasilkan. Dengan begitu mata anda akan terjaga dan tetap sehat walaupun berlama-lama menggunakan komputer ataupun HP.

Selain itu masih ada beberapa hal lain yang bisa anda lakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat walau berlama-lama memandang layar komputer atau HP, seperti melakukan istirahat secara berkala, menggunakan software tambahan, sampai dengan memperbanyak minum air putih. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menjaga mata agar tetap sehat.(majalahponsel.com)