Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesehatan Mental wujud dari pribadi yang baik

Kesehatan mental menjadi faktor utama bagi setiap individu dalam menjalankan kehidupannya. Dalam hal ini menentukan bagaimana mental seseorang siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada. dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak mungkin terlepas dari adanya suatu masalah, baik itu pribadi maupun menyakut khalayak. Namun kesiapan jiwa, fisik serta mental berpengaruh besar dalam menghadapinya. Terkadang seseorang akan sangat mudah untuk berputus asa dalam menjalani kehidupan yang begitu rumit. Menghadapi suatu permasalahan yang berat dengan beban pikiran yang begitu sulit sehingga terkadang seseorang menjatuhkan pilihannya pada hal-hal buruk. Seperti bunuh diri, stress, gila, bahkan yang lebih ekstrem lagi nyaris menghilangkan nyawa anggota keluarganya atau orang lain.

Ciri-Ciri Mental Yang Sehat (Upaya Kesehatan Mental)

Seseorang perlu mendapatkan sesuatu yang berguna bagi kehidupannya. Menjalani hal-hal yang logis dan wajar sebagai upaya menciptakan kesehatan mental pribadinya. Namun ciri-ciri dari mental yang sehat dapat diketahui seperti terhindar dari gangguan jiwa, dalam artian setiap individu tidak mengalami giladan stres, mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan, lingkungan keluarga serta pribadinya sendiri. Selain itu memanfaatkan potensi yang dimiliki semaksimal mungkin dengan usaha serta keinginan yang kuat, dan tercapainya kebahagiaan pribadi dan orang lain agar terciptanya kesinambungan dalam kehidupan.

Ciri-Ciri Mental Yang Tidak Sehat

Adapun seseorang tidaklah sesempurna yang dibayangkan, namun paling tidak mampu mengelola pemikirannya dengan baik sebagai wujud kesehatan mental. Tetapi berikut ada ciri-ciri dari mental yang kurang sehat seperti memiliki perasaan yang tidak nyaman baik dalam diri sendiri maupun dalam lingkungan tempat tinggalnya, perasaan tidak aman terhadap sesuatu. Adapula kurang memiliki rasa percaya diri terhadap hidup yang dimilikinya, kurangnya memahami diri sendiri, kurang mendapatkan kepuasan dalam berhubungan sosial, ketidakmatangan emosi, kepribadiannya terganggu, serta mengalami patologi dalam struktur sistem syaraf.

Menjaga Kesehatan Mental

Agar setiap individu bisa berkembang dengan lebih baik dan mampu menerima tantangan yang ada, maka setiap individu tersebut harus benar-benar menjaga bagaimana mental mereka tetap sehat. Bagaimanapun juga hidup ini tidak mudah namun tidak bisa dihindari, yang penting bagimana kita bisa menanggapinya secara bijak. Adapun cara untuk menjaga kesehatan pada mental kita seperti selalu mendekatkan diri pada agama, berusaha berprilaku baik pada siapapun, tidak mudah menyerah dalam segala situasi, mampu berpikir positif, berpikir untuk saat ini dan masa depan, selalu menjaga pergaulan agar tetap baik, menghindarkan diri dari perilaku sosial yang menyimpang serta tidak mengkonsumsi barang dan makanan yang dilarang oleh agama. Semua itu mampu mendukung terwujudnya kesehatan mental dari setiap individu.