Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengobatan Kista Ovarium

Pengobatan kista ovarium tergantung pada tipe dan ukuran kista serta usia penderita.

Berikut adalah Jenis dan Ukuran Kista, yaitu:

Kista Folikel

Kista ini tidak perlu diobati karena akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-3 bulan. Tetapi tetap harus dikonsultasikan pada dokter.

Kista Lutein

Untuk kista lutein golongan granulosa lutein, yang sering terjadi pada wanita hamil, akan sembuh secara perlahan-lahan pada masa kehamilan semester ketiga, sehingga jarang dilakukan operasi. Sedangkan untuk golongan teka lutein, maka akan menghilang secara spontan jika faktor penyebabnya telah dihilangkan.

Kista Polisistik

Untuk Kista polisistik indung telur yang menetap / persisten, operasi harus dilakukan untuk mengangkat kista tersebut agar tidak menimbulkan gangguan dan rasa sakit.

Kista Fungsional

Untuk kista fungsional, dapat digunakan pil kontrasepsi yang digunakan untuk mengecilkan ukuran kista. Pemakaian pil kontrasepsi juga mengurangi peluang pertumbuhan kista.
Bagi wanita yang menjalani operasi kista ovarium, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual dalam masa penyembuhan. Akan tetapi, jika kista cepat membesar, tidak menghilang setelah dilakukan beberapa terapi, terasa nyeri, dan diderita oleh wanita yang sudah masuk menopause, maka dokter akan melakukan pembedahan yang dapat sampai mengangkat seluruh peranakan (histerectomy).
Apabila kista berkembang dan mengarah pada perusakan organ-organ reproduksi maka akan dilakukan beberapa jenis penanganan medis untuk penyakit kista, yaitu Operasi Kista. Tidak saja dilakukan penanganan pada ibu hamil, pada wanita yang akan mengalami menopause dapat dilakukan penanganan sesuai dengan ukuran kista yang telah berkembang.

Berikut Jenis Operasi yang Mungkin Dilakukan pada Penyembuhan Kista, yaitu :

  1. Operasi laparoscopi. Operasi jenis ini yaitu dengan sayatan kecil di dekat pusar dan memasukan instrumen kecil ke dalam perut untuk menghilangkan kista.
  2. Laparotomy. Lebih dilakukan untuk kista yang berukuran besar. Operasi jenis ini dilakukan di bagian bawah anestesi umum dengan sayatan yang besar untuk menghilangkan kista.
  3. Operasi untuk menekan tumbuhnya kista. Pertumbuhan kista mungkin akan kembali tumbuh, untuk itu dilakukan cara untuk menekan kista tumbuh sehingga meminimalisir rasa sakit di bagian perut dan muntah-muntah.

Operasi Kista pada Saat Hamil :

Kista pada saat hamil bisa disebabkan secara alami ataupun perubahan abnormal. Meskipun kista pada saat hamil tidak membahayakan dan akan hilang sendirinya pada minggu kesepuluh hingga minggu ke enam belas. walaupun demikian,berkonsultasi dengan dokter adalah hal yang sangat tepat.Apabila perkembangan kista mengarah ke abnormal dengan ditemukannya melebihi 5 cm maka harus dilakukan pengangkatan kista. Operasi yang dilakukan pada saat hamil tidak mempengaruhi rahim dan janin karena kista terletak pada ovarium yang berada pada aliran pembuluh darah terpisah dari rahim.
Adapun kondisi yang harus anda perhatikan adalah janin aman saat dokter memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan. Meskipun tidak mempengaruhi rahim dan janin di dalamnya karena letak kista pada ovarium yang aliran darahnya berbeda dengan rahim. Keputusan ini juga ditentukan dengan adanya ukuran dan jenis kista yang berkembang di dalam tubuh anda. Pada dasarnya operasi akan dilakukan pada usia kehamilan 4 bulan sebab pada kehamilan yang terlalu besar operasi akan sulit dilakukan.
Bila kehamilan anda terlanjur melewati usia 4 bulan dan kista yang besar maka operasi pengobatan kista ovarium akan dilakukan seusai persalinan. Kista harus segera diangkat karena akan menimbulkan rasa nyeri serta pendarahan. Kemungkinan timblnya komplikasi dan membahayakan anda. Kista yang berukuran besar akan beresiko mengganggu proses turun nya janin ke jalan lahir dan beresiko mengganggu rahim serta pertumbuhan janin.