Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Delima

Buah delima atau yang memiliki nama ilmiah punica granatum adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari iran dan dapat tumbuh setinggi 5 sampai dengan 8 meter. Buah ini meskipun berasal dari Iran tetapi telah lama dibudidayakan di wilayah Mediterania. Saat ini buah ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan tanaman ini telah banyak ditanam di daerah Asia tenggara dan daerah China Selatan.
Buah delima banyak ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat dan tanaman buah karena memang buahnya enak untuk dimakan secara langsung. Bahkan buah delima digunakan untuk memuji kecantikan seorang wanita. Sebenarnya buah delima terdiri dari beberapa jenis, antara lain delima merah, delima putih dan delima ungu. Tetapi paling dikenal saat ini memang delima merah. Buah delima dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan campuran salah buah ataupun rujak, tetapi jika anda igin membuat jus delima, sebaiknya bijinya jangan dibuang karena biji buah delima banyak mengandung senyawa polifenol.

Kandungan Dan Manfaat Buah Delima

Buah delima kaya akan manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Buah delima banyak mengandung vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu bah delima banyak mengandung vitamin E yang sangat baik untuk memelihara kesehatan sel kulit sehingga membuat kulit anda selalu sehat dan terlihat awet muda. Buah delima juga banyak mengandung vitamin C dan juga asam folat.
Kandungan antioksidan dari buah delima tiga kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah anggur dan teh hijau. Delima juga sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung serta menjaga kelancaran sirkulasi darah di dalam tubuh kita. Jadi bagi anda yang mengalami masalah pada kesehatan jantung, sebaiknya anda mengkonsumsi buah delima secara rutin. Buah delima juga mampu mengatasi berbagai gangguan yang terjadi dalam sistem pencernaan dan lambung. Buah delima juga mampu digunakan untuk melawan sel-sel kanker yang menggerogoti tubuh, selain itu buah delima juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit anemia, osteoarthritis dan penyakit diabetes (kencing manis).