Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah jamu untuk menangkal virus corona????

Mencegah virus corona bisa dengan rajin mengonsumsi jahe, kunyit, dan temulawak. Bahan-bahan alami tersebut merupakan bahan curcumin yang bisa menekan virus corona di dalam tubuh. Ternyata tidak 100% benar adanya.

Seorang ahli herbal pada Universitas Airlangga Surabaya, dr Aty Widyawaruyanti, meluruskan informasi yang ramai dibicarakan masyarakat akhir-akhir ini tentang khasiat jahe, kunyit, temu lawak, kencur, dan sejenisnya yang diklaim dapat menangkal virus corona

Dokter Aty mengetahui, informasi itu berkembang menyusul keterangan ahli biokimia dan biologi molekuler Universitas Airlangga, Prof Chaerul Anwar Nidom, yang menjelaskan aneka khasiat jahe, kunyit, temu lawak, kencur, dan sejenisnya.Nidom sebenarnya tidak mengklaim bahwa mengonsumsi jahe,kunyit dan temulawak dapat menangkal virus corona, melainkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dokter Aty setuju dan menekankan perihal itu.

Sebab, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan kandungan curcumin di dalam tanaman-tanaman obat itu, dapat menangkal virus, termasuk virus corona semacam Covid-19.Memang, menurut Aty, ada laporan berdasarkan hasil riset bahwa curcumin dapat menghambat pertumbuhan virus.

Tetapi itu riset yang terbatas pada uji laboratorium, belum sampai dibuktikan atau disimpulkan dapat menjadi obat. Karena itu pula, belum ada riset yang menyimpulkan takaran atau dosis yang tepat mengonsumsi mpon-mpon untuk menangkal virus, termasuk corona.

Lagi pula, Aty menambahkan, sejauh ini risetnya masih terbatas pada uji laboratorium terhadap virus influenza, bukan pada virus corona, terutama karena virus Covid-19 adalah virus jenis baru. Intinya, untuk menyatakan bahwa jahe,kunyit, temuawak dan sejenisnya berkhasiat untuk menangkal virus corona, sekarang belum waktunya, karena memerlukan penelitian-penelitian yang lebih mendalam.

Semoga bermanfaat