Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Buah yang berserat paling tinggi

9 Buah yang berserat paling tinggi dan sangat banyak manfaat untuk kesehatan manusia, buah apa saja itu? silahkan ikuti terus tulisan dibawah ini :


1. BUAH NAGA

Kandungan serat dalam buah naga sekitar 0.7gram per 100gram bahan. Selain serat buah naga juga mengandung kalium,pektin,magnesium,fosfor dan zat besi. Buah naga juga bisa memperlancar sistim pencernaan, menurunkan kandungan gula darah,mengatur keseimbangan gula darah, membantu mengatasi rematik dan asam urat, meningkatkan kesehatan organ penglihatan, membantu mengontrol kadar  kolesterol darah. Buah naga juga mengandung zat antioksidan sehingga bisa membantu mencegah kanker.




2. JAMBU BIJI

Jambu biji merah sangat cocok digunakan untuk terapi penyembuhan diabetes melitus karena rendah kalori dan glukosa. Jambi biji merah juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi, menurunkan kadar kolesterol sebagai antioksidan dan anti kanker, mengatasi kanker,mengatasi sariawan, melancarkan saluran pencernaan. Selain itu juga jambu biji merah mengandung serat tinggi dengan kadar 7,3gram per 100gram bahan. Jambu biji merah mengandung vitamin A,vitamin C,Kalsium, fosfot dan magnesium.

3. TOMAT

Tomat termasuk buah berserat tinggi dengan kadar 4,2 gram per 100 gram bahan. Tomat dikenal dengan kandungan likopen(zat warna merah tomat) yang mampu mencegah kanker prostat. Karna itu kaum adam lebih dianjurkan mengkonsumsi tomat secara rutin( setiap hari) agar tidak terkena kanker prostat. 
Zat gizi lain yang  terdapat dalam tomat adalah provitamin A,vitamin C, vitamin B1 dan asam sitrat. Zat gizi dalam tomat juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, membantu pebentukan glokogen dalam hati,mencegah usus buntu,mencegah terjadinya pengumpalan darah, mencegah gusi berdarah, mengatasi masalah kegemukan, membersihkan darah dan hati serta mencegahnya terjadinya rabun jauh. Tomat juga bermanffat untuk menjaga kesehatan hati dengan cra menyeimbangkan fungsi hati. Selain itu  tomat juga bisa meningkatkan nafsu makan sehingga bisa mengobati penyakiy anorexia(Tidak nafsu makan)

4. AVOCAD

Avocad hijau bermanfaat untuk menanggulangi anemia, terapi kecantikan dan membantu regenerasi sel darah merah. Avocad hijau termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat (2,2gram per 100 gram bahan) sehinggah bisa digunakan untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Avocad hijau juga bisa digunakan untuk mencegah konstipasi. Avocad hijau juga bisa digunakan untuk mencegah malnutrisi karena kandungan lemaknya yang tinggi. Namun jika di konsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan. Selain serat dan lemak avocad hijau juga mengandung protein, vitamin A, kalium,kalsium dan magnesium

5. LECI


Daging buahnya  yang mirip dengan buah lengkeng dan rambutan. Leci bisa digunakan untuk memperbaiki keadaan kulit. Penderita diabetes mlilitus sebaiknya tidak mengkonsumsi buah leci karena kadar gulanya yang tinggi sehingga cepat menaikan kadar glukosa. Leci mengandung beberapa zat gizi diantaranya sukrosa,glukosa,vitamin C,magnesuium dan fosfor. Leci mengandung serat dengan kadar 1,6gram per 100gram bahan.

6. LENGKENG

Kandungan gizi dalam lengkeng bermanfaat untuk memperbaiki fungsi jantung dan peredaran darah, menanbah nafsu makan, mencegah anemia,mencegah pemutihan rambut secara dini, membantu mempercepat penyembuhan luka luar, meningkatkan fungsi saraf dan untuk terapi kecantikan. Kandungan energi yang tinggi dalam lengkeng sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina setelah sakit.

7. NANAS

Kandungan zat gizi dan fitokimia dalam nanas diantaranya vitamin A, kalsium, vitamin C, mangan dan pektin. Selain itu nanas juga mengandung serat dengan  kadar 1gram per 100 gram bahan, Pektin dalam nanas berfungsi untuk memperlancar tinja dari usus membantu meredakan panas dalam paru, meredakan batuk, mengatasi ginjal dan saluran kandung kemih, mengatasi sariawan, meredakan demam, mengobati penyakit jantung dan stroke, mengatasi infeksi, melancarkan saluran penernaan,serta mengatasi gangguan anemia(jika dimasak bersama bahan makanan hewani seperti daging ayam) Selain itu nanas berfungsi sebagai antikanker dan antioksidan.

8. PEPAYA

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium,magnesium, karbohidrat dan papain. Pepaya juga mengandung serat dengan kadar 1,3 gram per 100 gram bahan. Papapin dalam pepaya berfungsi untuk mengurai protein dalam usus dan memperlancar keluarnya air susu. Selain itu papain juga merupakan salah satu enzim protease bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses percernaan protein. Pepaya juga mengandung karpaina yaitu suatu alkaloid yang berfungsi untuk mengurangi serangan jantung, peluruh cacing, mengatasi sariawan dan mencegah konstipasi. Jika dicampur dengan mangga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu sebagai anti-amuba, antikanker dan antioksidan

9. PISANG

Buah pisang mengandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram bahan. Selain itu pisang juga mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor dan zat besi. Pisang bermanfaat mengurangi kadar asam dalam lambung, engobati gangguan pada lambung, menurunkan kadar kolesterol,mengobati penyakit jantung dan stroke, menurunkan demam, mengatasi demam,mengatasi alergi dan menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dan natrium dalam pisang tergolong tinggi. Kedua zat gizi ini berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia, membantu produksi energi serta bisa memberikan kemampuan bertahan terhadap tekanan(stress)