Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Tomat Bagi Kesehatan

Efek Samping Tomat

Membentuk Batu Ginjal

Jika Anda sebelumnya sudah menderita masalah batu ginjal berukuran kecil, tidak disarankan untuk makan tomat banyak-banyak. Alasannya karena tomat merupakan sumber kalsium dan senyawa oksalat yang mana keduanya akan sulit untuk dicerna jika sebelum Anda sudah menderita batu ginjal. Pada beberapa kasus seperti itu, berlebihan makan tomat akan membuat kalsium dan oksalat menumpuk di ginjal dan membentuk batu berukuran besar.

Kelebihan Vitamin

Overdosis vitamin bisa dipicu oleh sayur tomat yang Anda konsumsi setiap harinya, dalam tanda kutip bila jumlahnya berlebihan. Mengkonsumsi tomat berukuran sedang akan memenuhi sepersepuluh kebutuhan vitamin harian, tepatnya 1,025 IU Vitamin A dan 17 mg vitamin C. Apabila jumlahnya terlalu banyak, maka timbul berbagai masalah seperti sakit kepala, mual, muntah, sakit ginjal, dll.
Memicu IBS (Irritable Bowel Syndrome)
Mengkonsumsi likopen terlalu banyak bisa menjadi umpan penyakit jika telalu banyak di dalam tubuh juga akan mengalami beberapa masalah usus lain seperti gas perut, kembung, ganggunam pencernaan, mual, muntah, diare, dan masih banyak lagi. 

PENTING ! tidak disarankan untuk konsumsi likopen lebih dari 30 mg per harinya.


Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem imun menjadi tidak seimbang karena dalam tomat mentah terdapat karotenoid pigmen likopen. Senyawa kimia tersebut jika jumlahnya wajar akan sangat membantu dalam mencegah kanker. Tetapi, jika berlebihan dalam mengkonsumsinya yang ada sistem kekebalan tubuh jadi terganggu.


Tomat jika di konsumsi dengan wajar bisa memberikan kesehatan tubuh, sedangkan jika di konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit. Alangkah baiknnya bila anda hanya mengambil manfaat tomat dengan penggunaan luar. Misalnya memancarkan kilau rambut, menghilangkan ketombe, mengobati jerawat, memutihkan kulit, dll. (http://khasiatobatt.blogspot.co.id)