Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hubungan Antara Kesehatan dan Pola Makan

Halo, pemirsa yang lembut, selamat menyaksikan edisi lain dari acara Hidup Sehat, dimana kita menjumpai Paul Nison, seorang koki makanan mentah dari Amerika Serikat. Ia adalah pengarang dari buku terlaris “Kehidupan Mentah: Hidup Alami di Dunia yang Tidak Alami (The Raw Life Becoming Natural in an Unnatural World).”

Melalui pengalaman pribadinya, Bapak Nilson menemukan bahwa banyak dari penyakit “yang tak tersembuhkan” dapat disembuhkan dengan mengikuti pola makan vegan mentah dan mempertahankan gaya hidup sehat. Makanan mentah secara resmi didefinisikan sebagai makanan yang tidak dimasak atau dimasak pada temperatur di bawah 49 derajat Celsius.

Penjelajahan Paul Nison terhadap makanan mentah dimulai pada usia 20 tahun saat ia didiagnosa menderita penyakit Crohn, sejenis penyakit peradangan usus.
Dalam wawancara kami, Bapak Nison akan berbagi pengetahuannya tentang hubungan antara kesehatan dan pola makan.
Paul: Saya telah didiagnosa menderita penyakit radang usus yang juga dikenal sebagai kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Itu adalah peradangan usus besar. Kapanpun Anda memiliki penyakit yang berakhir dengan huruf i.t.i.s maka itu berarti ada peradangan di suatu tempat di dalam tubuh: pankreatitis, artritis.
Saya bahkan tidak bisa minum air karena rasa sakit yang menyiksa. Dan saat saya ingin pergi ke toilet, usus saya amat meradang sehingga satu-satunya hal yang keluar adalah darah. Saya berada dalam rasa sakit yang menyiksa dan saya tidak bisa mengasimilasi nutrisi apapun dari makanan. Dan mereka hanya memberi saya obat-obatan dengan efek samping yang amat buruk.
Saya menyadari bahwa jika saya tidak mati akibat penyakit saya, saya akan mati akibat efek samping dari obat-obatan itu, jadi saya harus melakukan sesuatu yang berbeda dan itulah saat dimana saya menemukan tentang pola makan mentah dan saya mulai makan dengan cara itu.
Saya membuat banyak jus lalu saya sembuh kembali dan menjalankan pola makan mentah dan saya telah melakukannya 100% sejak dari itu dan tanpa masalah. Saya telah berkeliling dunia mengajar orang tentang cara mengatasi penyakit mereka dengan makan makanan yang lebih sehat.
PEMBAWA ACARA: Bapak Nison menyarankan agar orang-orang memakan sayur-sayuran dan buah-buahan organik.
Paul: Makanan berkualitas tertinggi yang bisa kita makan adalah buah-buahan, sayur-sayuran, kecambah, kacang-kacangan, biji-bijian mentah yang matang, segar, organik, dan hidup. Jadi, itu seharusnya menjadi bagian terbesar dari pola makan kita, mayoritas dari hal itu condong kepada sayur-sayuran dan kecambah yang kaya akan klorofil, dan sejumlah kecil buah-buahan.
Kecambah adalah bagian yang terbesar dari pola makan itu, jadi kecambah bunga matahari, gandum, bahkan kecambah kacang amatlah bagus. Lalu itu akan menjadi daun hijau yang kaya klorofil, sayuran laut, dedaunan salad, dan alga, spirulina, klorela, lalu dari situ Anda bisa memiliki makanan mentah lainnya, daun salad, dan sebagainya… sangat sedikit gula. Jika seseorang menderita kanker atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh gula, itu benar-benar harus dihindari sama sekali.
PEMBAWA ACARA: Banyak studi yang menunjukkan bahwa konsumsi daging dan produk susu menciptakan konsekuensi yang amat negatif terhadap kesehatan seseorang.
Paul: Saat Anda makan daging, tubuh harus bekerja sangat keras untuk mendapatkan nutrisi itu dan buangan dari daging itu membusuk di dalam sistem, menciptakan lingkungan yang bersifat asam.
Saat kita mengambil susu mentah terutama dari sapi atau hewan besar lainnya, dan Anda memprosesnya dengan memasak, memanaskannya, lalu menambahkan obat-obatan dan bahan kimia di dalamnya, lalu jika kita selalu memasukkan zat yang tak bisa dikenali tubuh ini, atau yang seharusnya tidak berada di dalam tubuh ini maka pada akhirnya tubuh akan bereaksi dan peradangan hanyalah permulaan dari penyakit. 
PEMBAWA ACARA: Menurut Paul Nison, selain pola makan yang seimbang, jumlah makanan yang kita konsumsi juga penting dalam menentukan kesehatan.
Paul: Saya merekomendasikan kepada orang-orang agar mereka berusaha untuk makan dua kali sehari. Mungkin hidangan pertama bisa saja seperti susu almond atau bahkan jus sayuran hijau atau bahkan sedikit buah-buahan, dan makanan yang kedua adalah salad porsi besar, dan jika Anda mengonsumsi makanan yang dimasak, Anda bisa memakan sedikit makanan yang dimasak serta salad. Kebanyakan orang merasa lebih nyaman dengan makan tiga kali sehari, dan itu juga tidak apa-apa.
PEMBAWA ACARA: Mengapa Bapak Nison merasa bahwa pemilihan waktu untuk makan sangat penting?
Paul: Ketika matahari terbenam, pencernaan menjadi lambat, dan saat matahari terbit, itulah saat dimana kita harus mencerna makanan kita, memakan mayoritas dari makanan kita. Di malam hari, itulah saat terjadinya pembersihan. Jika kita memakan makanan, pembersihan itu terhenti atau diperlambat. Kita harus memahami bahwa bulan memiliki gaya tarik gravitasi terhadap air laut, tetapi juga memiliki gaya gravitasi terhadap air dalam tubuh kita dan itu membantu membersihkan tubuh, berpindah seiring dengan anggota tubuh dan seterusnya.
Orang-orang membutuhkan informasi karena ada banyak orang di luar sana yang menderita, dan saya memberitahu setiap orang bahwa kita tidak harus menderita. Saya memiliki penyakit yang tak tersembuhkan. Hanya karena itu tidak tersembuhkan berdasarkan kelompok medis (standar), itu tidak berarti tidak dapat disembuhkan. Nyatanya saya sembuh kembali dan saya menjumpai orang setiap hari dalam hidup saya yang membuat pilihan tepat dan mengatasi penyakit mereka yang tak tersembuhkan.
PEMBAWA ACARA: Musim panas yang lalu, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan flu babi sebagai pandemi global. Badan kesehatan memperingatkan bahwa pada saat pandemi itu mereda, kemungkinan sepertiga dari dunia telah terkena virus ini. Apakah cara yang efektif untuk melindungi diri kita dari penyakit ini? Bapak Nison menyediakan beberapa jawaban.
Paul: Kita harus memiliki suatu sistem kekebalan tubuh untuk membantu memerangi hal ini, flu babi atau apapun yang lainnya. Tak ada yang menindas tubuh secara lebih cepat daripada stres; tak peduli jika kita memakan makanan yang sehat atau tidak, jika kita stres dan tidak beristirahat atau tidur yang cukup, sistem kekebalan tubuh kita akan menjadi sangat rendah dan sangat lemah.
Jadi, kita harus memiliki kegembiraan dalam hidup kita dalam hal apapun yang kita lakukan. Sedangkan untuk makanan, kita harus mengonsumsi makanan yang bisa kita taruh di atas tanah dan itu bisa tumbuh menjadi makanan lain, buah-buahan dan sayur-sayuran, dan menghindari makanan olahan.
Saya tidak yakin obat-obatan yang memiliki banyak efek samping yang diberikan dokter kepada kita itu baik. Saya hanya yakin terhadap hal-hal yang alami yang harus kita gunakan, seperti minyak esensial yang dapat membantu membunuh kuman dengan cukup baik, lalu kita memiliki minyak lain seperti minyak pepermin yang bisa membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan memperkuatnya agar saat masalah ini tiba maka kita telah kuat.
E3Live adalah alga cair. Itu adalah makanan yang menakjubkan sebagai pembangun sistem kekebalan seperti rumput gandum dan semua makanan hijau ini; jadi semakin banyak dedaunan hijau, itu akan benar-benar membantu melindungi orang-orang.
PEMBAWA ACARA: Pernahkah Anda menasihati seseorang yang memiliki infeksi akibat virus?
Paul: Oh, sepanjang waktu.
PEMBAWA ACARA: Dan apakah hal yang paling efektif untuk mengatasinya?
Paul: Kerja probiotik dengan hidup; jadi probiotik akan benar-benar membantu membersihkan lantai usus dan menghilangkan hal-hal yang buruk serta menggantikannya dengan yang baik. Dan yang terutama adalah kita menambahkan jus hijau yang kaya klorofil seperti rumput gandum untuk mendapatkan oksigen kembali ke dalam tubuh, E3Live, alga. Itu benar-benar membantu dan pada dasarnya minyak esensial menolong membangun tubuh, dan herbal alami.
Tetapi pada dasarnya itu adalah hal yang utama dan hanya pemeliharaan, menjalankan pola makan yang baik untuk membantu mereka menghindar dari sakit kembali. Tidaklah sulit untuk mengatasi hal ini saat kerangka berpikir kita berada di tempat yang tepat dan kita mendapat bimbingan yang baik.
PEMBAWA ACARA: Sehubungan dengan penyakit secara umum, Bpk. Nison yakin bahwa darah yang murni adalah faktor kunci lain dalam memelihara kesehatan yang baik.
Paul: Setiap penyakit, mulai dari gejala hingga kanker dan semua yang berada di antaranya, hanya bisa tumbuh subur pada lingkungan non-oksidasi, jadi kita harus menjaga agar tubuh kita bersih, dialiri oleh oksigen. Dan ya, kita bisa bernapas dengan baik, tetapi dari sudut pandang pola makan, oksigen ditemukan di dalam klorofil, yang didapatkan dalam tumbuhan hijau dan sebagainya. Jadi, kita memerlukan lebih banyak klorofil dalam tubuh.
Tetapi yang menghilangkan oksigen dari sistem kita adalah gula, karena fermentasi gula menciptakan gas beracun yang tidak bisa kita lihat, tetapi tetap ada, dan itu benar-benar menciptakan suatu masalah dalam aliran darah akibat kekurangan oksigen saat kita makan makanan yang berkadar gula tinggi, terutama ketika kita salah menggabungkannya atau memakannya terlalu banyak, atau makan terlalu malam.
Tetapi pada umumnya, saat kita makan terlalu banyak gula, gula itu tertinggal dalam tubuh dan berfermentasi dan fermentasi itu menciptakan kekurangan oksigen di dalam aliran darah, jadi kita harus berhati-hati dengan jumlah gula.
PEMBAWA ACARA: Apakah ada pesan lainnya yang belum kita sentuh, yang ingin Anda sampaikan?
Paul: Hal pertama yang harus kita pahami adalah bukan hanya apa yang kita makan. Begitu banyak orang terlibat dalam bidang kesehatan saat ini, mereka hanya melihat pada apakah makanan itu, tetapi kita harus melihat seberapa banyak dan saatnya kita makan.
Pergerakan pengendalian diri pada tahun 1800-an di negara ini mengajarkan agar jangan melakukan segala hal secara berlebihan. Mempraktikkan pengendalian diri dalam semua hal terutama dalam pola makan. Jadi, jangan berlebihan dan juga jangan makan terlalu larut malam dan jangan makan saat di luar telah gelap karena saat matahari telah terbenam pencernaan melambat.
PEMBAWA ACARA: Kami ingin berterima kasih kepada Bapak Paul Nison karena telah dengan baik hati memberitahu kita semua tentang pola makan mentah dan gaya hidup yang sehat yang dapat membantu mengatasi penyakit, juga karena berbagi wawasan tentang mempertahankan kesehatan yang optimal. Jika semua orang mengikuti pola makan yang bebas dari produk hewani, kita akan menikmati kesejahteraan dan vitalitas sejati.
Untuk lebih banyak informasi tentang Paul Nison atau “Kehidupan Mentah: Hidup Alami di Dunia yang Tidak Alami”, silakan kunjungi: www.PaulNison.com