Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sarapan Pagi Ideal


Sarapan Apa Anda Pagi Ini?

Sarapan pagi merupakan sarapan paling penting yang seharusnya Anda usahakan. Betapa tidak? Sarapan pagi yang berkualitas akan memberikan nutrisi terbaik bagi tubuh yang sangat membutuhkan zat-zat makanan sebagai pengganti sel tubuh yang telah rusak atau mati. Di samping itu, sarapan pagi yang berkualitas sangat membantu memberikan energi bagi tubuh agar tubuh lebih energik, lebih bugar, lebih bersemangat, lebih fit, lebih percaya diri dalam menghadapi rutinitas dan aktivitas keseharian, meskipun dalam kondisi dan jadwal yang sangat padat. Sangat disayangkan, selama ini kecenderungan seseorang melewatkan sarapan paginya dengan menu seadanya. Padahal, energi bagi tubuh didapatkan dari sarapan pagi itu yang seharusnya lebih dari sekedar sarapan biasa. 

Untuk itulah, sarapan pagi yang paling ideal bukanlah sarapan pagi yang lebih banyak zat karbohidratnya. Sarapan pagi yang terbaik seharusnya adalah sarapan pagi yang lebih banyak zat proteinnya. Zat protein inilah yang akan menjadi sel-sel baru bagi tubuh. Tubuh kita sangat membutuhkan terbentuknya sel-sel baru agar tubuh tidak mudah lelah, tidak semangat, tidak cepat kehilangan stamina, lemah berpikir, kurang konsentrasi, tidak mudah terserang penyakit, dan lain-lain.

Seperti kita ketahui, tubuh kita terdiri atas sel-sel kecil yang membentuk jaringan. Jaringan-jaringan tersebut membentuk organ seperti jantung, ginjal, liver, kulit dan lain sebagainya. Setiap menit, sel-sel dalam tubuh kita pasti ada yang mati atau rusak dan harus diperbaiki atau digantikan dengan sel-sel baru (regenerasi sel). Bila jumlah sel yang digantikan kurang dari yang seharusnya, maka jaringan yang membentuk organ mulai mengalami kerusakan. Bila tubuh mengalami kecenderungan tidak bisa memperbaiki jaringan yang rusak, maka organ tubuh yang berkaitan dengan jaringan yang rusak tersebut mulai mengalami gagal fungsi dan menjadi penyakit degeneratif (ketidakmampuan dalam memperbaiki diri).

Awasi makanan di sekitar kita. Sudah sehatkah yang kita makan? Saat ini banyak sekali 
makanan yang memenuhi kriteria makanan tidak sehat. Penggunaan bahan pengawet 
(ada juga formalin, boraks yang sangat membahayakan kesehatan tubuh), zat pewarna 
(entah pewarna tekstil atau pewarna lainnya), penggunaan pemanis dan garam yang berlebihan, junk food (soft drink, fast food), penggunaan minuman beralkohol, dan lain sebagainya ikut mempengaruhi metabolisme kesehatan tubuh pada saat itu dan pengaruhnya di kemudian hari. Beragam racun akan masuk dan dapat mengendap sekian lama di dalam tubuh. Lever/hati dapat mengatasi masalah ini. Namun, jika kerja lever/hati terlalu berat, maka sulit dibayangkan apa yang akan terjadi. Demikian juga kerja organ tubuh lainnya akan terganggu. Jantung, ginjal, dan yang lainnya akan ikut terpengaruh, karena kerja organ tubuh antara yang satu dengan lainnya 
saling berhubungan dan melengkapi.


SEHAT adalah sebuah pilihan. 
Tetap menjaga kesehatan merupakan jalan terbaik pilihan semua orang. SEHAT adalah INVESTASI yang tidak ada gantinya

Jadikan sarapan pagi dengan sarapan berkualitas untuk hidup lebih sehat bagi seluruh anggota keluarga tercinta.