Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Apel

 Apel adalah sejenis buah-buahan yang sangat popular di seluruh dunia.
Setiap wilayah atau Negara memiliki jenis apel yang berbeda-beda dengan Negara atau wilayah lainya. Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak di konsumsi di seluruh dunia. Pada awalnya apeldi tanam di daerah Asia Tengah kemudian menyebar keseluruh dunia. Tanaman apel sangat cocok ditanam didaerah yang memiliki udara dingin. Apel sendiri sangat disukai karena memiliki rasa manis dan segar serta memiliki kandungan butrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Mau hidup sehat ini rambu-rambunya

Kandungan Buah Apel
Mungkin kita sangat sering mengkonsumsi buah apel, tetapi tahukah kita kandungan yang terdapat dalam buah apel? Berbagai kandungan yang terdapat dalam buah apel antara lain adalah protein, karbohidrat, lemak, energi, kalsium, fosfor serat, vitamin A, besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, niacin serta berbagai kandungan nutrisi lainya. Aple mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, konsumsi apel secara rutin tentu saja akan sangat membantu organ serta bagian tubuh bekerja secara maksimal karena kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Manfaat dan Khasiat Buah Apel
Berikut ini adalah beberapa manfaat serta khasiat buah apel yag telah diteliti secara klinis.

Memperkuat Tulang
Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Prancis, kandungan flavanoid serta phloridzin pada buah apel berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Pencegah penyakit asma
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan kepada sekelompk anak yang menderita penyakit asma, dengan mengkonsumsi jus apel setiap hari selama satu bulan dapat mengurangi resiko terkena gangguan pernafasan dibandingkan dengan anak-anak yang mengkonsumsi apel sebulan sekali.

Mencegah Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit yang disebabkan karena kerusakan syaraf pada otak. Kandungan quercetin pada apel dapat membantu menangkal radikal bebas yang membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit Alzheimer.

Buah Apel Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Seseorang yang mengkosumsi apel secara rutin setiap pagi dan sore akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebanyak 16 persen.

Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kanker


Beberapa ilmuwan melakukan penelitian kepada tikus, dari penelitian tersebut disumpulkan tikus yang diberi makanan apel setiap hari mampu menurunkan resiko terkena serangan kanker payudara, kanker usus serta kanker hati.