Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat beras merah bagi kesehatan

Pada dasarnya diet merupakan pola pengaturan asupan makanan atau nutrisi makanan. Dewasa ini, diet tidak hanya menjadi sebuah pola pengaturan asupan makanan, tetapi juga mulai merambah menjadi gaya hidup. Di indonesia, diet lebih ditujukan dalam upaya penurunan berat badan.
Beras merah merupakan salah satu panganan yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam beras merah lebih tinggi daripada beras putih yang biasa di konsumsi. Kadar gulanya pun lebih rendah dibandingkan kadar gula yang terkandung dalam beras putih biasa.

Kandungan gizi beras merah

Selain mengandung serat yang tinggi, beras merah juga mengandung minyak esensial, mineral, vitamin a, vitamin b6, fosfor, polifenol, selenium, mangan, kalium dan magnesium.
Warna merah pada beras ini berasal dari aleuron. Aleuron mengandung gen yang memprosuksi antosianin.
Beras merah tidak melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya seperti pada proses beras putih. Pada lapisan kulit beras inilah terdapat sumber serat alami.

Manfaat beras merah bagi diet

Diet tinggi serat akan membuat anda merasakan kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan. Beras merah merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kaya akan serat. Jumlah satu porsi beras merah dapat memenuhi asupan vitamin dan gizi lainnya untuk menjalankan fungsi organ.

Mekanisme beras merah sebagai panganan diet

Seperti yang kita ketahui, beras merah memiliki banyak sekali kandungan serat. Serat ini kemudian diubah menjadi gel di dalam lambung. Perubahan ini mengakibatkan terlambatnya penyerapan makanan. Karbohidrat akan diserap secara perlahan ke dalam aliran darah. Hal inilah yang mengakibatkan tubuh tidak mudah merasakan lapar dan energi dapat bertahan lebih lama karena kandungan gizi yang dibutuhkan juga terpenuhi.

Lihat juga: Tahukah-anda-manfaat-coklat ?

Yang perlu diperhatikan dalam memasak beras merah agar mendapat manfaat untuk program diet dan kesehatan

  • Takaran air lebih banyak daripada beras biasa
Takaran air yang digunakan untuk memasak beras merah ini sebaiknya 2x lebih banyak daripada memasak beras biasa
  • Rendam beras terlebih dahulu
Sebelum dimasak, baiknya rendam beras sekitar 30-60 menit. Hal ini bertujuan agar beras mudah lunak dan matang.
Beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memasaknya. Teksturnya yang keras ketika dimakan membuat beras merah kurang diminati, kecuali bagi orang-orang yang paham betul khasiat yang terkandung dari beras merah ini.

Manfaat beras merah bagi kesehatan

Selain dikonsumsi sebagai panganan untuk diet, beras merah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, diantaranya:
  • Mengontrol gula darah
  • Dapat menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Baik untuk kesehatan tulang
  • Mencegah simbelit
Sistem imun juga mempengaruhi kualitas diet. Daya tahan tubuh yang baik akan sangat membantu program diet. Kandungan zat besi, mangan dan zinc yang terkandung dalam beras merah dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, memperbaiki daya tahan tubuh dan membantu dalam pembentukan tulang. Pastikan daya tahan tubuh anda prima saat menjalankan program diet.
Jika anda ingin mendapatkan berat badan ideal, beras merah bisa menjadi salah satu alternative pengganti nasi putih. Tentu di barengi dengan olahraga yang teratur dan mengkonsumsi buah dan sayuran yang sehat. Dan perlu di ingat bahwa diet bukan berarti tidak makan. Pada saat diet, anda boleh saja makan, tetapi perlu dibatasi atau diakali. Tetap makan 3x sehari untuk pemenuhan nutrisi harian. Yang perlu diperhatikan adalah apa yang anda makan.