Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat jambu biji

Jambu biji atau yang memiliki nama latin Psidium Guajava merupakan sejenis tanaman tropis yang berasal dari daerah Brazil. Buah jambu biji ini menyebar ke Indonesia melalui Thailand. Buah jambu ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C serta memiliki rasa asam manis yang banyak digemari oleh masyarakat kita. Tanaman buah jambu biji dapat tumbuh dengan mudah di sembarang tmpat, baik itu di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman ini mampu tumbuh sampai dengan ketinggian 12 meter. Ada berbagai jenis jambu biji yang menyebar di seluruh wilayah di Indonesia, dan sebagian berasal dari luar negeri.

Kandungan dan Khasiat Jambu biji

Ternyata jambu biji mengandung vitamin C yang paling tinggi jika dibandingkan dengan berbagai buah lainya. Selain kaya akan vitamin C, jambu biji ternyata juga banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk merawat kesehatan mata. Kandungan vitamin C buah jambu biji ternyata 2 kali lipat dibandingkan kandungan vitamin C pada abuah jeruk manis. Padahal buah jeruk sangat terkenal sebagai penghasil vitamin C yang kaya akan manfaat. Jika kandungan vitamin C pada buah jeruk adalah 49 mg/100 gram maka kandungan vitamin C pada buah jambu biji dapat mencapai dua kalinya. Vitami C ini sangat baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh serta sebagai antioksida untuk menangkal radikal bebas. Sebagian besar konsentrasi vitamin C pada buah jambu biji adalah pada kulit luarnya yang tebal.
Kandungan vitamin C pada buah jambu biji akan mencapai puncaknya ketika buah jambu sudah akan matang. Jambu biji juga kaya akan serat, khususnya serat pectin yaitu serat yang dapat larut oleh air yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat jelly (gel). Buah jambu biji juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Menurut penelitian yang dilakukan di Singh Medical Hospital and Research center Morrabad, India, menyimpukan bahwa buah jambu biji mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi essensial.