Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengobatan Tekanan Darah Rendah

Pengobatan Alternatif yang Alami

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan sehingga hal ini membuat tekanan darah naik. Nah, jika Anda mau sembuh dari darah rendah ada baiknya mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, kacang hijau dan lain-lain.

2. Air Mineral

Jumlah cairan di tubuh berkurang bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Untuk itu salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah mengonsumsi air putih setiap harinya kurang lebih 8-10 gelas.

3. Bayam

Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Mineral yang seimbang pada bayam ini sangat berguna untuk tekanan darah rendah. Selain itu, folat pada bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian akan menjaga aliran darah yang lancar.

4. Daging dan Hati Ayam

Daging ayam memiliki kandungan protein hewani yang diyakini bisa meningkatkan tekanan darah. Karena tubuh memerlukan protein untuk membangun sel termasuk juga sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah dan tekanan akan mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Roti, Oatmeal, dan Sereal

Makanan-makanan ini menyediakan zat besi sebanyak 20 persen jika Anda makan setiap hari. Gandum akan membuat tubuh mejadi lebih sehat, sehingga perlu dimasukkan dalam daftar diet Anda. Gandum juga banyak mengandung zat besi untuk mengurangi risiko terkena tekanan darah rendah.

6. Kopi

Tekanan darah rendah dapat dinaikkan dengan minum 1-2 gelas kopi perhari, tapi yang penting adalah jangan sampai berlebihan.

7. Lemak nabati

Lemak nabati adalah salah satu sumber utama yang bisa membantu anda mengatasi darah tinggi. Mengonsumsi lemak nabati lebih direkomendasikan daripada lemak hewani karena lebih mudah dicerna dan risiko untuk mengakibatkan kolesterol juga lebih kecil. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lemak nabati dari kacang-kacangan dan gandum.

8. Garam

Sangat disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam adalah salah satu zat alami yang bisa menambah laju produksi sel darah merah dan sangat membantu untuk menaikkan tekanan darah.

Pengelolaan Hidup Sehat yang Dapat Mengobati Tekanan Darah Rendah

  • Biasakanlah pola hidup sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta mengatur jadwal dan pola makan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam karena makanan yang mengandung kadar garam dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Atur jadwal istirahat / tidur di malam hari

Hindari begadang dan memulai tidur saat larut malam. Upayakan anda mendapatkan waktu istirahat / tidur minimal 8 jam sehari karena kurang tidur dapat dengan mudah mengalami gangguan jantung
  • Meminum Air Putih

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, sekitar 8-10 gelas per hari.
  • Berolahraga

Berolahraga teratur minimal tiga kali seminggu. memang terdengar sangat klise, tetapi berolahraga secara teratur sangat ampuh dalam mengurangi gejalanya.
  • Hindari Mandi Air Panas

Mandi air panas memang memiliki efek relaksasi yang luar biasa, namun bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya membatasi hal ini. Alasan utamanya adalah mandi air panas bisa membuat tekanan darah anda makin turun. Selain itu, hal ini juga bisa membuat anda merasa lemas, pusing, dan tidak bertenaga.
Batasi juga aktivitas spa dan sauna. Jika anda melakukan spa atau sauna, lakukanlah dalam posisi duduk yang nyaman, di kursi yang stabil atau tidak licin. Hal ini berguna untuk mengantisipasi jika tiba-tiba anda merasa pusing dan harus bersandar pada sesuatu.
  • Minum Vitamin ataupun Suplemen

Pemberian obat-obatan (meningkatkan darah) hanya dilakukan apabila gejala tekanan darah rendah – hipotensi yang dirasakan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian
  • Kurangi Gula dan Alkohol

Mengkonsumsi terlalu banyak gula dan alkohol bisa secara drastis meningkatkan tekanan darah anda. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan gula dalam waktu singkat.
Selain itu, gula dan alkohol juga memiliki banyak efek negatif bagi tubuh anda. Gula bisa menyebabkan diabetes yang bisa berakibat berbagai komplikasi. Alkohol juga memiliki dampak negatif bagi sistem syaraf apabila dikonsumsi terlalu banyak secara terus menerus.
  • Gunakan aksesoris yang baik bagi kesehatan

Bagi wanita, dianjurkan untuk mengenakan stocking elastis
  • Tidak menganggap remeh gejala yang terjadi

Hipotensi atau tekanan darah rendah sebenarnya banyak diderita oleh orang-orang. Tetapi sebagian dari mereka mengabaikannya dan menganggapnya sebagai kasus pusing biasa atau dehidrasi. Padahal membiarkan tekanan darah rendah sama berbahayanya dengan tekanan darah tinggi dan memicu kematian.