Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diprediksi Capai 250 Juta pada 2030; Angka Obesitas Anak

Angka Obesitas Anak Diprediksi Capai 250 Juta pada 2030
Ilustrasi. Sebanyak 250 juta anak usia sekolah di dunia diprediksi mengalami obesitas pada 2030 mendatang. (Istockphoto/nilimage)

 Indonesia -- Sebanyak lebih dari 250 juta anak usia sekolah diprediksi akan mengalami obesitas pada 2030 mendatang. Prediksi itu didapat dari laporan teranyar yang mencermati angka obesitas pada anak.

Laporan menemukan, anak-anak yang tinggal di Afrika, Asia, dan Amerika Latin menjadi kelompok yang paling berisiko. Risiko ini meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup dan meningkatnya pemasaran junk food.

"Orang-orang masa kini lebih banyak duduk, tak banyak bergerak, dan mengadopsi gaya diet ala Barat yang tinggi kandungan gula, kalori, dan lemak," ujar Direktur Kebijakan World Obesity Federation (WOF), Tim Lobstein, mengutip CNN.

Lihat juga: Obesitas: Opini vs Realita

Saat ini, WOF mencatat, sebanyak 158 juta anak di dunia mengalami obesitas. Risiko obesitas diprediksi akan meningkat pada satu dekade mendatang dan terjadi di 191 negara.

Laporan juga menemukan, tak ada satu pun negara yang dapat mencapai target yang telah ditentukan dalam konferensi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2013 lalu. Pertemuan itu mengeluarkan mandatori untuk menekan angka obesitas anak pada 2025 mendatang agar tak melebihi dari tahun 2010 hingga 2012.

Anak dengan obesitas berisiko mengalami hal yang sama saat dewasa kelar. Obesitas pada orang dewasa menjadi faktor risiko sejumlah penyakit kronis seperti diabetes dan gangguan kardiovaskular.

"Peningkatannya sangat masif. Peningkatan ini akan 'mengacaukan' sistem kesehatan, khususnya di negara berkembang," ujar Lobstein.

Lobstein mengatakan, otoritas kesehatan di setiap negara harus sesegera mungkin mengambil tindakan untuk menanggulangi epidemi obesitas ini. (asr/asr)

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191029185900-255-443907/angka-obesitas-anak-diprediksi-capai-250-juta-pada-2030?